Menata produk Display (pemajangan barang) merupakan salah satu
aktivitas terpenting dalam keseharian operasional pengelolaan sebuah
toko Output yang dihasilkan dari aktivitas yang satu ini berpengaruh
langsung pada tingkat keberhasilan penjualan di dalam toko, terlebih bagi
toko-toko ritel modern yang memiliki format layanan mandiri (swalayan)
seperti minimarket, supermarket maupun hypermarket. Menata produk/display yang dilakukan oleh para peritel modern
berkembang semakin inovatif, terutama sejak semakin banyaknya peritel yang
memahami konsep dan pemanfaatan alat bantu display (visual merchandising)
yang kini semakin populer. bentuk arsitektur sebuah toko menunjukkan
status sosial, budaya dan perubahan dari ekonomi setempat.
1.
Tujuan Menata Produk
a. Attention
dan interest customer
Attention
dan interest customer artinya menarik perhatian pembeli dilakukan dengan
cara menggunakan warna-warna ,lampu lampu dan sebagainya.
b. Desire dan
action customer
Desire dan
actioan customer artinya untuk menimbulkan keinginan memiliki
barang-barang yang dipamerkan di toko tersebut ,setelah masuk ke toko,
kemudian melakukan pembelian
2.
Pengertian menata produk (Display)
Menata produk (Pemajangan barang dagangan/Display) adalah penataan barang dagangan di tempat tertentu dengan
tujuan menarik minat konsumen untuk melihat dan akhirnya membeli produk
yang ditawarkan. Secara umum cara menata
produk/display dapat dibagi menjadi tiga, yaitu :
a.
window display
b.
interior display
c.
eksterior display
a.
Window Display
Window
display adalah menata produk/ barang
dagangan di etalase atau jendela kegiatan usaha. Tujuan window display
adalah menata produk agar dapat menarik
minat konsumen sekaligus menjaga keamanan barang dagangan.window display
hanya memperlihatkan barang dagangan yang ditawarkan saja, tanpa dapat
disentuh oleh konsumen, sehingga pengamanan menjadi lebih mudah. Bila
konsumen ingin mengetahui lebih lanjut, maka ia dipersilahkan untuk masuk
lebih memperjelas pengamatannya.
Fungsi window display adalah:
·
Untuk menarik perhatian orang
·
Memancing perhatian terhadap barang
barang yang dijual di toko
·
Menimbulkan impulse buying (
dorongan seketika)
·
Menimbulkan daya tarikterhadap
keseluruhan suasana toko
·
Menyatakan kualitas barang yang baik
dan ciri khas toko tersebut
b.
Interior Display
Interior
display adalah menata produk/pemajangan
barang dagangan di dalam toko.
Interior
display banyak dipergunakan untuk barang-barang yang sudah dikenal luas
oleh masyarakat.
DISPLAY FOOD
DISPLAY PAKAIAN
MY_FACEBOOK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar